Friday, July 25, 2008

Basmi, mencegah, ANTI Virus ARP SPOOFING

Belakangan ini, jaringan komputer tempat gw kerja agak lambat. Pengecekan traffik normal dan file xxx background proses tidak di temukan setiap PC client. YM chatting selalu muncul pesan error dan udah di install ulang kembali tetap masih error. Bukan hanya error yg muncul tapi ada beberapa komputer yg menjalankan YM tertutup kembali pada saat di buka. Saya pasang AntiVirus Kaspersky walaupun hasilnya banyak juga yg di dapat tapi bukan induknya virus yang di temukan malah hanya anak-anak dan cucunya arp spoofing yang bertelur sana sini. Sejak gw pasang Kaspersky, jaringan di kantor selalu timbul masalah atau cepat sekali muncul masalah baru. Saya kira AntiVirus Kaspersky ini yang bikin masalah karna 30 hari expired.

Mungkin 1 bulan saya blank kenapa semua bisa terjadi tidak ada tindakan. Suatu hari saya mengecek No MaC Address setiap komputer saya :

c:\>arp -a

yang aneh nya No MAC ADDRESS PC A client sama dengan No MAC ADDRESS Server Gateway. Setelah PC A saya set di command

c:\>arp[spasi]-s[spasi]no.ip pc A [spasi]no.mac
c:\>arp[spasi]-s[spasi]no.IP Server Gateway [spasi]no.mac

c:\>arp -a

YM Chatting saya tidak bermasalah atau tidak muncul error kembali tapi PC lain masih terdeteksi. Waduhh bayangkan kurang lebih 20 PC harus di setting No.MAC addressnya terpaksa, tidak ada program remote dan blom di setting.

Pastikan semua PC Bersih dari virus setelah itu lakukan tindakan perintah. Terlebih dahulu check No.Mac Address masing-masing komputer. Hasil dari semua ini hanya bersifat sementara karna virus nya masih ada di switch kemungkinan bisa kembali lagi. Kalau bisa reset ulang switch ( maaf blom pernah reset switch cuma saran aja).

Ok kawan-teman seperjuangan IT, semoga sukses.